Tuesday, February 11, 2020

Mengenal Tense(s) Yuk? - Hal Penting Buat Dasar Belajar Bahasa Inggris

https://bit.ly/37einbf


Sobat termasuk yang ilfil dengan tense(s)? Wah, sama dengan kebanyakan orang nih. Setuju nggak kalo umumnya orang yang belajar Bahasa Inggris selalu mengeluh tentang susahnya belajar tenses?

Sebenarnya apa sih tenses itu? Sobat pernah ngga bertanya-tanya tentang apa pentingnya tenses dan kenapa harus ada tenses di dunia yang sudah penuh dengan aneka masalah ini?

Agar tercerahkan (semoga) he he, kita kupas apa itu tense ya? Karena untuk selanjutnya InsyaAllah akan kami update materi-materi berkenaan dengan tense yang katanya bikin puyeng itu.

Biar ga puyeng dan ga oleng pelajari duu dasarnya. Semoga lancar jaya belajar aneka tense(s) selanjutnya ya. Jangan lupa kerjakan soal-soal latihan di bawah videonya.

Langsung klik di video ini. Komentarnya ditunggu, Sobat :D



Soal Latihan

1. Dalam bahasa Inggris, tense adalah sebuah metode _______ yang digunakan untuk  
    mengindikasikan waktu / kapan sebuah kejadian atau kegiatan berlangsung.

a.  berdasar kata benda (noun-based)
b. berdasar kata kerja (verb-based)
c. Berdasar kata depan (preposition-based)

2. Jika kita bicara tentang sesuatu yang sedang terjadi saat ini, lalu kemudian bicara tentang sesuatu 
    yang telah selesai terjadi, maka biasanya kita menggunakan tenses yang __________

a. berbeda
b. sama
c. present tense

3. Penggunaan sistem tenses yang berdasar kata kerja (verb-based tenses) adalah _______ untuk 
    menunjukkan waktu dari sebuah kejadian.

a. cara mudah
b. satu-satunya cara
c. bukan satu-satunya cara.

4. Dua komponen penting dari kebanyakan tenses dalam bahasa inggris adalah ________

a. time and place
b. time and aspect
c. time and effect

5. Aspek manakah yang menggambarkan sebuah kegiatan yang masih terjadi atau
    yang masih belum selesai?

a. the progressive aspect
b. the perfective aspect
c. the simplistic aspect


6. Mana yang termasuk aspek perfective (perfective in aspect)?

a. is speaking
b. will speak
c. has spoken


7. Progressive aspect menghasilkan tenses progressive atau "_______".

a. continuous
b.  present
c. perfect


8. Aspek perfective menghasilkan tenses _______.

a. continuous
b. present
c. perfect


9. Tenses yang mengombinasikan dua aspek disebut tenses _______.

a. continuous present
b. perfect continuous
c. perfective progressive


10. "Who are we still waiting for?" termasuk jenis tenses apakah kalimat ini?

a. past perfect
b. present continuous
c. present perfect continuous


Jawaban
1. berdasar kata kerja (verb-based)
2. berbeda
3. bukan satu-satunya cara.
4. time and aspect
5. the progressive aspect
6. has spoken
7. continuous
8. perfect
9. perfect continuous
10. present continuous



Referensi:
https://www.englishclub.com/grammar/tense-what.htm
https://www.englishclub.com/grammar/tense-what-quiz.htm

10 comments:

  1. Replies
    1. Kalo masih mumet berarti penjelasannya masih bikin mumet karena memumetkan :D
      Akan Kakmin cpba mengurangi kemumetannya pada penjelasan selanjutnya. Makasih kunjungannya kakak

      Delete
  2. Nah mba keren ini mah. Udah jadi web ajaaa.

    ReplyDelete
  3. coba dulu pelajaran tense(s) dimodel begini, lak nyantol aq wakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh lah kak disebarin biar pada ngeh para siswanya hihihihihi

      Delete
  4. Wah..pembahasannya keren..dari dulu tenses itu hal terumit dalam belajar bahasa Inggris menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaci kakak, ini cuma pembahasan tenses dr awalnya aja. Sleanjutnya InsyaAllah berturt-turut akan dibahas per tenses nya

      Delete

Mengenal Tense(s) Yuk? - Hal Penting Buat Dasar Belajar Bahasa Inggris

https://bit.ly/37einbf Sobat termasuk yang ilfil  dengan tense(s)? Wah, sama dengan kebanyakan orang nih. Setuju nggak kalo umumnya or...