Monday, January 17, 2022

Belajar Bahasa Inggris dari Shin Tae Yong

Belajar Bahasa Inggris dari Shin Tae Yong

Sepak bola Indonesia sedang naik daun. Tim nasional senior dan junior beberapa kali menang melawan tim nasional yang ranking nya di atas kita. Ini semua berkat kerja keras pemain dan tangan dingin pelatih tim nasional kita yang asli Korea, Shin Tae Yong.

Dalam wawancara hangat dengan Deddy Corbuzier di kanal YouTubenya, pelatih Shin Tae Yong menceritakan tentang banyak hal menarik baik tentang kehidupannya maupun tentang urusan penanganan Timnas Indonesia. Wah Kakmin nggak nyangka ternyata ada banyak sisi menarik dari coach yang satu ini. 


Kenalan dengan Shin Tae Yong

Pelatih gaek yang dikenal punya kedisiplinan dan profesionalisme tinggi dalam melatih ini dulunya adalah pemain sepak bola yang hebat loh. Kakmin jadi ingat pertanyaan Om Deddy yang nanya ke beliau, apakah bisa pelatih sepak bola itu orang yang tidak bisa bermain sepak bola. Sontak saja pelatih asli Korea ini merespon bahwa itu hal yang tidak mungkin terjadi dan kalaupun ada timnya pasti bermain buruk sekali. Ngocol juga ya Om Deddy ini.


Coach Shin yang pembawaannya kalem dan cool ini sudah banyak malang melintang di dunia persepakbolaan. Bisa jadi Pak Deddy Corbuzier kurang banyak membaca riset tentang tamunya, karena pertanyaan yang dilontarkan kurang tajam, kurang banyak mengulik sisi lain yang menarik.Padahal, pelatih Timnas kita ini pemain top Korea loh.


Karir Sebagai Pemain

Sobat LIG, tahu ngga waktu dulu jadi pemain sepak bola profesional, pelatih Timnas ini dijuluki si "Rubah Tanah"? Ia mendapat julukan ini karena cara mengoper dan menggiring bolanya sangat cantik dan cerdas. Shin Tae Yong bermain di posisi gelandang serang dan terutama bermain di posisi penyerang tengah.


Setelah lulus dari Universitas Yeungnam, Shin bermain 12 musim untuk Ilhwa Chunma. Dia memenangkan penghargaan pemain muda terbaik di liga utama Korselpada tahun 1992, di awal tahun karir profesionalnya.Dia adalah pemain kunci di klub Ilhwa Chunma dan berhasil membawa tim ini menjadi jawara Liga Korsel (K-League) selama tiga tahun berturut-turut dari 1993 hingga 1995.


Ia adalah pemain gemilang di tahun 1995, bahkan bersama timnya mampu  Kejuaraan Klub Asia di akhir tahun.ia dan timnya juga menjadi juara liga tiga tahun berturut-turut dari tahun 2001 hingga 2003. Kerennya, Shin juga memenangkan Penghargaan MVP keduanya pada tahun 2001.


Shin Tae Yong dianggap sebagai salah satu pemain K League terbaik sepanjang masa,Total Ada 99 gol, dan 68 assist dalam 401 pertandingan Ltermasuk Piala Liga Korea Yang sudah dikumpulkannya. Di pertandingan internasional, keseluruhan ada 23 pertandingan yang dimainkan. Salah satunya adalah kiprahnya bersama timnas Korea Selatan untuk Piala Asia AFC 1996. 


Tak puas hanya gemilang di negaranya sendiri, Coach Shin hijrah ke Australia bersama klub

Queensland Roar dan berlaga di A-League Australia pada tahun 2005. Masalah cedera pada pergelangan kaki membuat pria 51 tahun ini pensiun. 



Karir Sebagai Pelatih

Kecintaannya pada sepak bola tak membuatnya gantung sepatu setelah mengalami cedera dan tak mungkin merumput lagi. Ayah dari 2 putra ini tetap berkarir di Queensland Roar sebagai asisten pelatih bidang teknis. Saat itu tugasnya untuk membantu Miron Bleiberg, pelatih utama di tim.

Kesempatan ini tak disia-siakan. Dari sinilah kemudian karir manajerial tim dan kepelatihan si Rubah Tanah berkembang. Ada banyak tim yang sudah merasakan asuhannya. Tak mengherankan jika kemudian PSSI meminangnya untuk menakhodai tim nasional kita tercinta.


Karir Pelatih Tim Asing

Bersama Queensland Roar, Shin Tae Yong menjadi asisten pelatih selama 3 tahun, Setelah itu di tahun 2008, ia kembali ke klub yang membesarkan namanya, Seongnam Ilhwa Chunma. Ia menghabiskan karir kepelatihan dan sebagai manajer tim sampai 2012. Sejarah mencatat dedikasinya kepada tim yang terus berusaha mengangkat klubnya menajdi  juara kedua di FA Cup Korea walau tim dalam keadaan krisis finansial. Di tahun selanjutnya, Seongnam Ilhwa Chunam berhasil menjadi juara Liga Champions AFC tahun 2010 dan menuarai piala FA Korea di tahun 2011.


Tahun 2014 menjadi awal karir Shin di kepelatihan Timnas. Ia menjadi asisten pelatih timnas Korea dan berhasil membawa Korea mencapai babak final Piala Asia AFC untuk pertama kalinya dalam 27 tahun. SHin memegang kendali pelatihan dan taktik tim walau saat itu peran manajemen dipegang oleh Uli Stielike. 


Di tahun yang sama, timnas U023 Korea juga diasuhnya. Tim ini berhasil menjadi juara grup di Olimpiade 2016, mengalahkan Jerman, Meksiko dan Fiji. Sayangnya Honduras melibas Korea di perempat final. 


Pada kejuaraan Piala Dunia U-20 di 2017. Shin dipercaya menjadi manajernya. Mulai tahun 2016 SHin sudah meninggalkan posisi asisten elatih tim senior untuk fokus pada tim U-20 ini. Hasil buruk Stielike sebagai manajer tim senior membuatnya dipecat oleh federasi sepak bola Korea, Shin diposisikan sbeagai pengganti manajer tim.


Hasilnya sungguh membanggakan, ia membawa Korea memenangkan kejuaraan sepak bola Asia Timur tahun 2017 mengalahkan musuh bebuyutan Jepang. Di bawah asuhannya juga, timnas Korea lolos kualifikasi piala dunia 2019 di Piala Dunia Rusia 2018. Torehan sejarah paling gemilang adalah kemenangan timnas Korea atas Jerman pada piala dunia ini di babak penyisihan grup. Kemenangan Korea ini memulangkan Jerman dari babak penyisihan grup untuk pertama kalinya dalam 80 tahun sejarah keikutsertaannya di Piala Dunia.  

 
Shin Tae Yong dan Timnas Garuda

Dalam wawancara di Podacstnya Deddy Corbuzier, Coach Shin menceritakan awal mula ia bergabung dengan Timnas Garuda. Adalah Sekjen PSSI, Ratu Tisha yang mendatangi federasi sepak bola Korea dan kemudian bertemu dengan Shin. Tawaran pun diberikan dan resmi sudah pelatih berdarah Korea ini pindah ke Indonesia.


Salah satu hal yang memikat hati para penggemar bola Indonesia pada pelatih asal Korea ini adalah pilihannya untuk melatih Timnas Garuda walau nilai kontraknya jauh lebih kecil dibanding dengan tawaran untuk melatih tim profesional di Tiongkok. Hal lain yang berani dilakukan olehnya adalah dengan mencoret pemain senior di skuad Garuda untuk memberikan hasil yang maksimal dan memberi kesempatan bagi Garuda muda kita. Sebut saja pemain seperti Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek,  Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan dan  Asnawi Mangkualam yang usianya rata-rata 20 tahunan. 


Perlahan, skuad Garuda memenangkan beberapa pertandingan dari timnas yang ranking FIFA nya di atas kita. Duh Kakmin salut banget loh dengan dedikasi pelatih yang satu ini, terus all out untuk tim Indonesia. Puncaknya adalah tim Garuda kembali masuk ke babak final piala AFF setelah menang dramatis dari tuan rumah SIngapura. 


Coach Shin dan Indonesia

Lewat karir di Indonesia juga yang membuat juru taktik ini mendapat ratusan ribu follower Instagram hanya. Totalitas dan komposisi pemain muda yang segar juga membuatnya senang berada di Indonesia dan sangat diterima dengan baik di sini. 


Masih dalam wawancaranya bersama Deddy Corbuzier, bapak dari pemain sepak bola profesional Korea ini menyatakan bahwa tinggal di Indonesia cukup menyenangkan. Herannya ia sangat menyukai cuaca panas seperti di Jakarta.


Makanan Indonesia

Menyambung soal kebiasaan, ternyata pelatih timnas kita tidak suka makanan pedas loh. Ia selalu mengingatkan pentingnya makan makanan yang bergizi untuk para pemain. Diet dan asupan makanan yang bagus adalah modal untuk bertanding. Untuknya pribadi makanan semacam nasi goreng adalah salah satu yang disukainya, tapi tidak disarankan untuk dikonsumsi pemain karena kurang sehat.  


Ia menikmati sup iga Korea dan sangat suka pada sate kambing. Wah, kalau yang ini Kakmin juga suka dong. Jadilah 3 porsi sate kambing dinikmati Pak Shin, Jeje si penerjemah dan host Podcast. 


Bahasa Indonesia

Walau menjadi pelatih Timnas Garuda, mantan pelath Timnas Korea ini hanya bisa berbahasa Indonesia sepatah dua patah kata. Lalu komunikasi dengan pemain lainnya bagaimana ya? Padahal komunikasi ini kan sangat penting agar tidak terjadi kesalahan di lapangan. 


Ternyata pak pelatih punya seorang asisten bernama Jeje, yang tugasnya sebagai seorang penerjemah. Jeje selalu menemani dan menjadi telinga serta mulut kemanapun pelatih Evan DImas dkk ini pergi.


Shin Tae Yong dan Bahasa Inggris

Coach Shin bisa bahasa Inggris nggak sih? Dari beberapa wawancara yang Kakmin dapat sih semuanya berbahasa Korea. Tapi untuk istilah sepak bola dan karena dulu pernah bermain di liga Australia, Kakmin yakin dasarnya ada tuh. 


Bahasa adalah hal penting sebagai penyampai informasi agar kedua belah pihak, orang yang menyampaikan pesan dan penerima pesan saling paham. Karenanya, untuk menghindari salah komunikasi, apalagi levelnya untuk permainan tim nasional melawan aneka tim internasional, penguasaan bahasa Inggris adalah hal penting.


Dari Shin Tae Yong pun Kakmin jadi belajar, walau bahasa Inggris yag dipakai sepatah dua patah kata, baik pelatih maupun pemain timnas tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, banyak istilah dalam bahasa Inggris yang dipakai secara umum. 


Jadi. istilah teknis dalam sepak bola berlaku sama untuk semua negara di seluruh dunia. Dengan ditambah gerak tubuh, ekspresi wajah, dan intonasi bahasa, maka pemain bisa mudah memahami apa yang diinginkan pelatih dan sebaliknya. 


Pentingnya pelatih berbahasa Inggris

Hubungan antara bahasa Inggris dan olah raga ini mengingatkan Kakmin pada salah satu murid Kakmin yang saat itu ingin mengikuti sertifikasi ujian wasit Tae Kwon Do di Thailand. Kendala si bapak satu-satunya adalah Bahasa Inggris. Tentu sebagai wasit internasional pemahaman akan Bahasa Inggris adalah yang utama.


Sama halnya dengan karir pelatih sepak bola. Ada banyak pelatih yang melebarkan sayap karirnya ke negara lain. Coach kesayangan kita cukup beruntung karena di Indonesia bahasa Inggris juga dianggap sebagai bahasa asing. Tapi bagaimana jika ingin berkarir di klub Eropa? Penguasaan bahasa Inggris jadi syarat minimalnya.


Sobatku tau ngga sih kalo ada banyak kursus bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi pelaku sepak bola. Dunia sudah mengetahui bahwa karir di dunia sepak bola ini luar biasa perkembangannya. Profesi ini juga umum dilakukan lintas negara, sehingga penguasaan bahasa Inggris sangatlah penting.

 
Istilah teknis sepak bola dalam bahasa Inggris

Setelah tahu manfaat bahasa Inggris di dunia sepak bola. Kita tengok yuk beberapa istilah sepak bola dalam bahasa Inggris. Cek juga cara pengucapannya ya.


Istilah Sepak Bola dalam Bahasa Inggris



Contoh kalimat dan artinya:
Klik di sini untuk belajar pengucapannya

  1. Christiano Ronaldo skillfully dribbled the ball towards the goal, the goalie was in awe.
  2. David Beckham showed his unbelievable shot skills on beach
  3. A forward pass, also known as a simple pass, is when a player throws the football towards the opponent's goal line.
  4. Fouls are punished by the award of a free kick.
  5. After scoring an assist for the Indonesian national team in the AFF Cup, Asnawi Mangkualam garnered appreciation from South Korea's top league, the K-League.
  6. The average cross accuracy in the top five European leagues is 23.5 percent.
  7. Give and go is a very successful technique for beating a final defender near to the attacking goal and getting a clean shot off.
  8. Most header goals are scored as a result of a cross or a corner.
  9. Because volleys happen while the ball is in the air, they frequently happen in front of the goal as a result of a cross or corner.
  10. Professional football players know well how to beat the offside trap.
  11. Lionel Messi was lucky to escape a major injury as he fell down following a hard tackle against Venezuela in a 2022 World Cup qualifier.
  12. Iran defender Milad Mohammadi's bizarre throw-in attempt caused hysterics comments on social media.
  13. Messi has scored a total of 57 goals from free kicks throughout his career
  14. Only against the opposition team may a goal be scored immediately from a corner kick.
  15. FIFA has confirmed the first two rounds of matches will kick off at 1pm, 4pm, 7pm and 10pm local time
  16. Because Kim was offside, the goal was disallowed
  17. England national team lost in penalty kick as Italy claimed the Euro 2020 crown at Wembley.

Arti kalimat :
  1. Christiano Ronaldo dengan cekatan menggiring bola ke arah gawang, sang kiper pun terkagum-kagum.
  2. David Beckham menunjukkan keterampilan menembak (mengarahkan bola langsung ke gawang) yang luar biasa di pantai
  3. Umpan ke depan, juga dikenal sebagai umpan sederhana, adalah ketika seorang pemain melempar bola ke arah garis gawang lawan.
  4. Pelanggaran dihukum dengan pemberian tendangan bebas.
  5. Usai mencetak assist untuk timnas Indonesia di Piala AFF, Asnawi Mangkualam mendapat apresiasi dari liga papan atas Korea Selatan, K-League.
  6. Rata-rata akurasi umpan silang di lima liga top Eropa adalah 23,5 persen.
  7. Memberi dan pergi adalah teknik yang sangat sukses untuk mengalahkan bek terakhir di dekat gawang penyerang dan melepaskan tembakan bersih.
  8. Sebagian besar gol sundulan dicetak sebagai hasil dari umpan silang atau tendangan sudut.
  9. Karena tendangan voli terjadi saat bola di udara, sering terjadi di depan gawang sebagai akibat dari umpan silang atau tendangan sudut.
  10. Pemain sepak bola profesional tahu betul cara mengatasi jebakan offside.
  11. Lionel Messi beruntung lolos dari cedera parah saat ia terjatuh menyusul tekel keras melawan Venezuela di kualifikasi Piala Dunia 2022.
  12. Upaya lemparan aneh bek Iran Milad Mohammadi menyebabkan komentar histeris di media sosial.
  13. Messi telah mencetak total 57 gol dari tendangan bebas sepanjang karirnya
  14. Hanya melawan tim lawan yang dapat langsung mencetak gol dari tendangan sudut.
  15. FIFA telah mengkonfirmasi dua putaran pertama pertandingan akan dimulai pada pukul 1 siang, 4 sore, 7 malam dan 10 malam waktu setempat
  16. Karena Kim offside, gol dianulir
  17. Tim nasional Inggris kalah dalam tendangan penalti saat Italia mengklaim mahkota Euro 2020 di Wembley.


Shin Tae Yong berulang kali menyatakan bahwa komunikasi itu penting. Walau ada perbedaan bahasa, ada banyak istilah sepak bola dalam bahasa Inggris yang berlaku internasional. Ini cukup memudahkannya dalam memberikan arahan bagi pemain. Sudah seringkah mendengar beberapa istilah ini Sobatku? Yang gila bola pasti sudah hafal nih. Ayo terus belajar sambil semangat nonton bola dan dukung Timnas ya?









5 comments

  1. The biggest casino in town in AC is - DRMCD
    What is the best casino in 아산 출장마사지 town in AC? The 구리 출장마사지 Best Casino in AC is the MGM Grand, which is on its 동두천 출장샵 way 김제 출장안마 up to becoming America's Top Choice Hotel Casino 고양 출장마사지

    ReplyDelete
  2. 1xbet - Best Bet in 1xBet - Download or Install for Android
    1xbet is wooricasinos.info the best betting app in 1xbet app the novcasino world created for esports. It is a one of the safest and most poormansguidetocasinogambling trusted names among players. It offers a 바카라 user friendly interface

    ReplyDelete

  3. Hey nice to see you there being posting again yea? I like your post a lot seriously hook me up sometime dude.

    카지노사이트
    바카라사이트
    온라인카지노

    ReplyDelete
  4. Great post. I was checking continuously this weblog and I am inspired! Extremely helpful info specially the closing section.
    카지노사이트원
    카지노사이트
    바카라사이트

    ReplyDelete
  5. I maintain such info much. I used to be seeking this particular information for a long time.
    카지노사이트777
    카지노사이트
    바카라사이트

    ReplyDelete

 

Ad Placement