Monday, January 10, 2022

Google Search Console - Bloger Wajib Tahu

Google Search Console Bloger Wajib Tahu


Sobat LIG, dalam rangka optimasi blog ini, Kakmin harus giat menimba ilmu bidang perblogingan. Salah satu kelas yang Kakmin ikuti mengulas tentang seluk beluk Google Search Console dan beberapa hal yang wajib diketahui tentangnya.

Mendengar nama console itu mengingatkan Kakmin tentang game.Walau sebenarnya istilah console lazim digunakan dalam ranah komputer. Sebagai bloger yang awalnya hanya mengenal type and post Google Search Console, selanjutnya disebut GSC, sangatlah asing buat saya. Melalui kelas optimasi blog sesuai SEO ini kemudian Kakmin diajari cara memasang GSC pada blog.

Seperti perkenalan yang butuh penyelaman pribadi satu sama lain, eaaaaa….Kakmin juga pengen kenal GSC lebih lanjut dong. Kakmin merangkum beberapa hal menarik tentang GSC yang blogger wajib tahu di sini ya.


Penting tapi GRATIS

GSC adalah alat grati dari Google Google untuk membantu webmaster memantau kesehatan situs mereka dalam indeks. Nah, ternyata blog juga perlu dicek kesehatannya. Sama halnya dengan manusia, perlu check up, kalo ada masalah kesehatan diobati, jadi kerja bisa maksimal. Blog juga begitu.

Dengan memastikan blog dalam performa baik. GSC membantu blog untuk terlacak, terpelihara, dan nampak dalam mesin pencarian Google. Google akan lebih optimal dalam melihat situs kita. 

Tahu kan Sobat LIG, segala permasalahan yang ingin kita cari jawabannya selalu ada Google sebagai rujukan pencarian. Nah, bayangkan jika situs atau blog kita bisa dikenal baik dengan Google, lalu pembaca pun diajak Google untuk masuk ke dalam situs. Wah, keren kan?


GSC dan SEO

Dari kelas yang Kakmin ikuti, GSC adalah alat yang wajib dimiliki oleh blogger, terutama dalam melihat beberapa hal seperti:

  • mengukur traffic situs mereka, 
  • melihat kinerja kata kunci, 
  • memperbaiki masalah, dan 
  • menerima pesan dari Google tentang situs web mereka. 

Ternyata hal-hal seperti ini bisa memberi gambaran pada kita tentang bagaimana kinerja situs web dalam pencarian organik serta cara untuk melakukan penyesuaian pada situs di indeks Google. 

Lalu apakah Google indeks ini? Jadi, Google bekerja mengumpulkan informasi dan halaman website dalam sebuah database. Cara kerja Google adalah dengan melakukan crawling alias merayapi situs, dan melakukan pengindeksan. Dari database inilah kemudian semua jawaban dari pertanyaan yang kita ketikkan di Google search bisa muncul.  

Lalu dalam dunia SEO apa fungsi GSC? Ternyata GSC utamanya dipakai untuk menyesuaikan strategi. GSC memberikan data untuk membantu pemilik web bisa menemukan peluang peringkat baru, menambah performa yang ada, dan mempelajari bagaimana sebenarnya orang datang ke situs web. 

Jika dalam pelajaran sebelumnya Kakmin diajak untuk mengenal Google Analytics, sesuai namanya untuk menganalisis dari mana dan siapa pengunjung yang datang ke situs kita, GSC juga jadi alat analisis yang memungkinkan kita mengukur lalu lintas ke situs. GSC membuat blogger mudah menentukan kata kunci mana yang punya rasio klik-tayang terbaik, karena ada data yang bisa dipakai oleh blogger. Dengan data ini GSC memberitahukan pada blogger tentang kebiasaan para pencari dan maksud pengunjung situs. 

Akhirnya, konten akan lebih maksimal dan dibuat tepat sasaran. Pengunjung yang mengakses juga mendapat informasi valid yang mereka butuhkan. Value sits pun menjadi tinggi. 

Wow, menarik sekali ya aneka rupa alat penunjang blog ini. Kakmin harus belajar banyak nih. Serunya sih makin diselami, makin banyak pula istilah teknis yang Kakmin belum tau, tapi wajib dijadikan pegangan nantinya. Doain Kakmin sukses membuat blog yang optimal ya. Diawali dengan mengtahui hal-hal wajib paham tentang GSC.


1 comment

  1. How to Make Money on Online Sportsbooks - Work Tom
    Make money on online sports betting. With online หารายได้เสริม sportsbooks you'll have to have a degree in finance to make money. Here's a list of the best online sports betting

    ReplyDelete

 

Ad Placement