Monday, February 7, 2022

8 Tips Belajar Grammar Mudah

8 Tips Belajar Grammar


Grammar dalam Bahasa Inggris

    Apakah Sobat adalah salah satu yang merasa sulit banget belajar grammar bahasa Inggris? Sering banget Kakmin dapat keluhan kalo belajar bahasa Inggris paling susah tuh belajar grammar. Padahal kalo kata Kakmin sih, grammar  adalah salah satu dari banyak area yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris.

    Grammar alias tata bahasa itu apa sih? Ini adlaah area belajar bahasa Inggris yang masih menjadi misteri bagi banyak orang. Bahkan banyak yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempelajarinya tapi hasilnya kurang maksimal. 

    Kesulitan utama mempelajari grammar biasanya ada pada tahap awal penguasaan bahasa baru. Bahasa yang berbeda punya pola grammarnya yang berbeda pula. Misalnya, grammar bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia adalah dua konsep yang sama sekali berbeda dan membutuhkan waktu untuk dipahami. 

    Ketika Sobat berbahsa Inggris secara lisan, grammar  mungkin bisa diindahkan atau bukan prasyarat mutlak karena isi pesan masih bisa ditangkap. Intinya bahasa lisan dapat dimengerti meskipun grammarnya kurang tepat. Tapi yang jadi masalah adalah ketika Sobat harus menulis artikel untuk blog, posting untuk media sosial, atau makalah untuk sekolah, dan kebutuhan berkomunikasi secara tertulis lainnya. Sobat perlu grammar yang tepat untuk itu. 

    Walau ada banyak layanan atau aplikasi untuk memperbaiki hasil tulisan Sobat, tetapi pada akhirnya, mencoba memahami grammar dasar dan melakukan kegiatan sendiri tidak dapat dihindari. Plus, hasil akhirnya sangat memuaskan! Akan ada masa di mana kita tidak bisa bergantung pada aplikasi tersebut. Selain itu, sebagai pembelajar tentu kita ingin meningkatkan kemampuan kan? 


Apa sih grammar itu?

grammar (noun): the structure and system of a language, or of languages in general, usually considered to consist of syntax and morphology.
grammar (kata benda): adalah struktur dan sistem suatu bahasa, atau bahasa pada umumnya, yang secara umum terdiri dari sintaksis dan morfologi.

Grammar adalah sistem bahasa. Orang terkadang menggambarkan grammar sebagai "aturan" bahasa; tetapi sebenarnya tidak ada bahasa yang memiliki aturan*.  Analoginya adalah, jika memang ada aturan, maka aturan dibuat terlebih dahulu baru kemudian bahasa diciptakan. Sama seperti permainan. DIbuat aturannya dulu baru kemudian dimainkan. 

Tetapi bahasa tidak dimulai seperti itu. Bahasa dimulai oleh orang-orang yang menghasilkan suara  yang berkembang menjadi kata, frasa, dan kalimat. Semua bahasa berubah seiring waktu. Apa yang kita sebut "grammar" hanyalah cerminan bahasa pada waktu tertentu. Bahasa juga bersifat dinamis, jadi bisa jadi grammar akan bertambah atau berkembang. 

Mengapa perlu belajar grammar?

Apakah kita perlu belajar grammar untuk belajar bahasa? Jawaban singkatnya adalah "tidak". Sangat banyak orang di dunia berbicara bahasa asli mereka sendiri tanpa mempelajari grammarnya. Anak-anak mulai berbicara bahkan sebelum mereka tahu kata "grammar". Dan jika Sobat jeli, banyak sekali orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, lalu bisa berbahasa Inggris tanpa harus belajar khusus tentang grammar. 

Mereka belajar bahasa lisan dari lingkungan. Ada proses menyerap dan mengaplikasikan apa yang mereka dengar dan ketahui. Berbeda sekali dengan Sobat yang tinggal di lingkungan berbahasa Indonesia tapi ingin sukses belajar bahasa Inggris lewat penguasaan Plus, hasil akhirnya sangat memuaskan!

Intinya, jika Sobat serius ingin belajar bahasa asing, maka "ya, grammar dapat membantu Sobat mempelajari bahasa dengan lebih cepat dan lebih efisien." Ingat ya, penting untuk menganggap grammar sebagai sesuatu yang dapat membantu Sobat, seperti seorang teman. Jangan musuhi  grammar. Jadikan ia sebagai penolong untuk sukses belajar bahasa Inggris. Ketika Sobat memahami grammar (atau sistem) suatu bahasa, Sobat dapat memahami banyak hal sendiri, tanpa harus bertanya kepada guru atau mencari di buku.

Jadi pikirkan grammar sebagai sesuatu yang baik, sesuatu yang positif, sesuatu yang dapat Sobat gunakan untuk menemukan jalan Sobat - seperti rambu atau peta.

Apa saja contoh grammar?

Sudah cukup tahu tentang grammar? Coba sekarang simak ya kalimat dengan dan tanpa grammar. Kakmin berikan beberapa contohnya. 

Contoh pertama:

Matt like fish. 

Sobat pasti tahu maksud pembicara. Ia ingin bilang jika Matt suka ikan. Tapi kalimat ini kurang tepat dan salah grammarnya. 

Kalimat yang benar adalah  "Matt likes fish."
Ada perubahan pada verb alias kata kerja mengikuti dan selaras dengan subjeknya. 

Contoh kedua:

We rode all day by bikes, we rode for almost 55 kilometre to get to our homes. 

Kalimatnya seperti sudah betul ya? Tapi secara grammar kalimat ini seharusnya terbagi menjadi dua kalimat. Karena setelah dipisahkan oleh koma, ada dua subjeck dan dua verb, syarat lengkap membentuk sebuah kalimat. 
Yang benar adalah :  "We rode all day by bikes." dan kalimat lanjutannya "We rode for almost 55 kilometre to get to our homes." 

Nah, seperti yang Kakmin bilang, sangat mudah untuk memahami jika dua kalimat contoh ini diucakan alih-alih ditulis. Tetapi tentu ketika dibaca akan menimbulkan kerancuan. Grammar ada untuk memperjelas kerancuannya. 

Sudah siap cari tahu tips belajar grammar yang mudah Yuk lanjut pembahasannya.

Bagaimana Cara Belajar Grammar dengan Mudah?

Cara Belajar Grammar


Ada banyak cara belajar grammar yang mungkin sudah sering Sobat dengar. Tapi mungkin cara-cara itu yang bikin makin ilfil ya? Berikut ada beberapa tips belajar grammar yang mudah.

# 1 Belajar Vocabulary
Untuk mempelajari grammar dengan mudah, elemen dasar dari bahasa apa pun adalah kata-kata. Dapatkan kamus (atau unduh satu) dan pelajari sebanyak mungkin kamus. Gunakan setiap kata baru sesering mungkin sehingga Sobat akan mengingatnya. Jangan khawatir tentang grammar sampai Sobat merasa nyaman menggunakan kata-kata yang telah Sobat pelajari, dan dapat memahami setidaknya setengah dari apa yang Sobat dengar.

Setelah yakin dan merasa cukup paham, baru perhatikan grammar nya.

# 2 Bicara, Jangan Diam Saja
Sebuah bahasa membuat Sobat menjadi bagian dari masyarakat. Mencoba mempelajarinya tanpa berbicara dengan orang lain itu sulit. Ambil kesempatan yang datang untuk berbicara dengan orang, bahkan di telepon. Sobat belajar grammar saat Sobat mendengarkan bagaimana orang lain menggunakan kata-kata bahkan jika Sobat tidak tahu aturannya. Semakin banyak Sobat mendengar kata-kata yang digunakan dengan benar, semakin banyak Sobat belajar. 

# 3 Tonton dan pelajari.
Cara terbaik untuk belajar grammar adalah dengan menonton film dan acara televisi dalam bahasa Inggris. Rekomendasi acara TV dalam bahasa Inggris, yang bagus untuk ditonton adalah “The Big Bang Theory,” terutama karakter Sheldon Cooper , yang tanpa malu-malu mengoreksi grammar siapa pun di acara itu. Namun, jangan terpaku juga pada semua percakapan di serial ini, karena banyak bahasa lisan yang digunakan yang tidak gramatikal!

Ingat untuk pilih acara apa yang Sobat suka, dan dengarkan baik-baik. Tonton ulang jika Sobat tidak mengerti apa-apa. Cobalah untuk mendapatkan script dengan teks bahasa Inggris untuk membantu Sobat memahami apa yang dikatakan orang, terutama dengan aksen kental. Oh ya, aksen juga menjadi warna tersendiri dalam berbahasa ya. Kapan-kapan diulas he he.


# 4 Minta koreksi.

Kebanyakan orang tidak suka memberi tahu Sobat jika Sobat salah menggunakan kata karena mereka pikir Sobat mungkin tersinggung. Sebaliknya, Mintalah orang untuk mengoreksi bila diperlukan sehingga Sobat dapat belajar dari kesalahan. Catat semua koreksi dan latihan!

# 5 Belajar bagian-bagian dari ucapan (speech)
Sekarang setelah Sobat mengetahui banyak kata, Sobat harus tahu cara menggunakannya dalam sebuah kalimat. Sobat dapat melakukan ini dengan menggabungkan semua kata yang menjadi beberapa bagian ucapan.(speech). Nah dengan menetahui unsur atau bagian dari sebuah ucapan, lalu tahu cara menyusunnya, makan kata yang sudah ada dalam memori kosa kata Sobat bisa dirangkai menjadi sebuah ucapan atau kalimat yang tepat. Tercantum di bawah ini adalah bagian-bagian yang berbeda dari ucapan dan deskripsi mereka.
  • Noun – adalah nama orang, tempat, atau benda. Mereka bisa menjadi kata benda yang merupakan nama khusus seperti Julie, Universitas Cambridge, dan iPhone, atau kata benda umum atau istilah umum seperti gadis, sekolah, atau ponsel pintar.
  • Kata ganti – menggantikan kata benda dalam kalimat. Jenis-jenis pronoun adalah personal (he, she, it); posesif (milikku, miliknya, miliknya); refleksif (diriku sendiri, dirinya sendiri, dirinya sendiri); timbal balik (satu sama lain); relatif (itu, yang, siapa, yang); demonstratif (ini, itu); interogatif (siapa, apa, kapan); dan tidak terbatas (siapa pun, apa pun, tidak ada, seseorang).
  • Kata sifat – menjelaskan kata benda atau kata ganti, yaitu gadis cantik, sekolah bergengsi, ponsel pintar abu-abu
  • Article – kata sifat khusus yang digunakan untuk mendefinisikan kata benda sebagai definit (the) atau indefinite (a/an)
  • Kata kerja – kata tindakan, yaitu melompat, berjalan, berbicara, benar, menjadi
  • Kata keterangan – menjelaskan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lain, yaitu melompat tinggi, berjalan perlahan, sangat cantik, sekolah yang sangat bergengsi
  • Konjungsi – menyatukan dua bagian kalimat, (dan, atau, tetapi)
  • Preposition – menunjukkan posisi atau arah, digunakan dengan kata benda atau kata ganti, yaitu Dia naik tangga. Contoh lain: Julie datang dari sekolah.
  • Interjection – kata-kata yang menunjukkan emosi, yaitu, Wow!, Aduh!
Ketika Sobat berusaha untuk mengidentifikasi kata-kata sebagai bagian dari ucapan sepanjang waktu, Sobat mendapatkan gambaran yang lebih jelas  tentang bagaimana kata-kata itu bersatu dalam sebuah kalimat. Ini mungkin tampak seperti banyak pekerjaan, tetapi jika Sobat melakukannya sering dan cukup lama, hal ini menjadi otomatis, terjadi di luar kepala.


# 6 Cari pola.
Sobat akan melihat pola saat mengidentifikasi bagian-bagian ucapan dalam sebuah kalimat. Cobalah untuk mengidentifikasinya tanpa memeriksa catatan grammar, dan ikuti polanya saat Sobat membuat kalimat sendiri. Sobat akan melihat bagaimana upaya Sobat telah membuahkan hasil sejauh ini. 


# 7 Belajar Tenses.
Konjugasi atau bentuk kata kerja adalah salah satu tantangan terbesar dalam mempelajari grammar. Konjugasi mengubah kata kerja dalam beberapa cara untuk memberi tahu Sobat informasi tentangnya. Ini bisa berupa waktu, orang, jumlah, aspek, suara, suasana hati, atau jenis kelamin. Sobat mungkin tahu tentang present, past, dan future tense. Ini adalah konjugasi waktu alias tenses. 

Banyak orang menganggap grammar itu tenses. Sebenarnya tenses adalah bagian dari grammar. Grammar membahas lebih dari sekadar urusan tenses, ada banyak aspek di dalamnya. 

Nyatanya, menyinkronkan antara subjek dan kata kerja adalah sesuatu yang gampang-gampang sulit loh. Jadi cara membuat tenses yang oke gimana dong?Latihan, latihan, latihan. Telusuri daftar kata kerja umum, konjugasikan, dan gunakan dalam sebuah kalimat.

Setelah Sobat mengetahui banyak kata kerja dalam bentuk kata kerja present, past, dan future yang sederhana, Sobat dapat mulai berlatih dengan present perfect, past perfect, dan past continuous, tenses yang paling banyak dipakai. 

# 8 Gunakan aplikasi.
Aplikasi untuk belajar grammar? Zaman makin canggih ya, jadii gunakan aplikasi untuk membantu Sobat mempelajari grammar dengan mudah di level mana pun. Banyak aplikasi yang enak dipakai dan pengoperasiannya mudah. Aplikasi seperti Bilingua malah bisa menghubungkan Sobat dengan teman baru dari negara mana pun untuk berlatih bahasa apa pun yang Sobat inginkan, termasuk bahasa Inggris. 

Mempelajari grammar adalah proses yang panjang, tetapi tidak harus membuat hidup kita merana dan tidak ada alasan Sobat tersiksa dalam mepelajarinya. Sobat bisa bersenang-senang melakukannya. Inilah 8 tips belajar grammar yang bisa Sobat pakai.. Tapi pasti ada cara lain selain yag udah disampaikan di sini untuk belajar grammar yang seru dan asyik.. Apa cara lain yang Sobat ketahui untuk belajar grammar dengan mudah?

Beri tahu kami apa yang berhasil untuk Sobat ya!

[audio 1c8wWZDyNnFI4oOAuIfnMQMQcWYYd4lcw]








8 comments

  1. Nah itu kak, vocabulary atau kosa kata sudah lumayan banyak tapi saat menyusun grammar tuh kadang salah. Saya harus banyak belajar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inilah tantangannya. Mulai dari yang paling seru aja dulu kak, dipakai buat percakapa :)

      Delete
  2. Wah makasih tipsnya kak, benar banget, belajar bahasa Inggris harus dengan grammarnya ya, agar lebih enak ketika speaking

    ReplyDelete
  3. yang susah itu kalau udah idiom idiom itu kak. bisa melenceng banget nih.. memang perlu selalu mengupdate ya bahasa nih

    ReplyDelete
  4. Pelajaran paling kusukai dulu malah grammar, tapi begitu speaking plegak-pleguk. Karena kadung di otak kebanyakan mikir, udah bener belum ya grammarku. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih Mba Marita mah Ja to the Go alias JAGO. Makasih kunjungannya mbaaa

      Delete
  5. Seketika aku pengen les bahasa inggris nih mbak haha dulu sekolah ini salah satu mapel kesukaan dan nilainya lumayan tinggi, tp karena ngga pernah dipake lagi jadi jongkok nih kemampuannya :(

    ReplyDelete

 

Ad Placement