Monday, February 21, 2022

Tips Dapat Sobat Bule Biar Lancar Bahasa Inggrismu

Tips Dapat Sobat Bule

Sobat tau kan kalo belajar bahasa Inggris butuh praktik? Iya dong, kalo belajar tapi cuma kerjakan soal dan latihan grammar aja ya ga bakal bisa lancar cas cis cus ngobrolnya.

Selam ini bagaimana cara Sobat praktik speaking? Masih ke sesama teman di sekolah atau di tempat les? Atau malah belum pernah coba untuk praktik sama sekali? 

Cari Sobat Bule Buat Belajar Bahasa Inggris

Wah, jangan sampai kendor ya semangat belajarnya. Harus terus mencoba untuk ngobrol, praktik, dan melatih kepercayaan diri. Bahasa pada dasarnya adalah sebuah alat untuk berkomunikasi, untuk menyampaikan pesan dari kita sebagai orang yang bicara, kepada orang lain alias penerima pesan. Bagaimana pesan itu bisa diterima dengan baik adalah tugas bahasa dan tugas kita adalah mengolah bahasa itu sehingga tidak ada salah komunikasi.Salah satu cara adalah dengan menambah sobat bule.

Istilah bule sebenarnya merujuk pada orang-orang kulit putih yang berasa dari Eropa, AMerika, Australia, pokoknya mereka yang berkulit putih. Ini dilatarbelakangi oleh orang-orang zaman kolonial yang menyebut orang Eropa yang saat itu tinggal di boulevard. Jadi kata boulevard disingkat jadi bule.


Sekarang istilah ini dipakai untuk merujuk pada semua orang asing. Padahal tentu saja tidak semua orang asing berbahasa Inggris. Tapi sudah lekat dalam pemahaman orang awam bahwa yang bule pasti bisa berbahasa Inggris.


Kenapa harus Sobat bule?


Apapun itu sekarang pertanyaannya kenapa Sobat perlu punya sobat bule untuk belajar bahasa Inggris? Dari pengalaman Kakmin pribadi, berteman dengan orang-orang dari aneka negara membuat kita:

  • Terpaksa berbahasa Inggris, sebagai bahasa internasional Inggris sudah dipakai lebih dari 1,35 Milyar penduduk dunia. Bahasa Inggris dipakai sebagai bahasa utama atau bahasa kedua di dunia, jadi kalo kita ngobrol sama orang dari negara lain memang paling umum jika pakai bahasa Inggris.

  • Belajar cara berkomunikasi, menyampaikan pesan, yang mudah dimengerti orang lain.

  • Belajar cara beropini, mengungkapkan ide, setuju atau tidak setuju, berargumen, dan berdebat dengan baik. Ingat, berargumen ini adalah kemampuan yang sudah dimiliki oleh warga global. Mampu berargumen dengan baik berarti mampu berpikir kritis. Nah kita tentu bisa membangun kemampuan ini sambil terus mempraktikkan bahasa Inggris dan dapat banyak teman kan?

  • Punya banyak teman. Persahabatan tak mengenal batas negara. Ada milyaran manusia d dunia ini dengan karakter masing-masing yang mungkin bisa jadi soulmate atau bestfriend mu.

  • Memahami kebiasaan dan budaya orang lain sehingga Sobat bisa adaptif terahdap keanekaragaman budaya dan identitas sosial warga dunia.


Cara Dapet Sobat Bule

Kalau sudah tahu banyak manfaat dari punya sobat bule, lalu sekarang muncul pertanyaan, caranya gimana ya? Nah, Kakmin beri beberapa rekomendasi tempat carinya ya.


Pada dasarnya untuk mendapat sobat bule maka Sobat harus:

  • Aktif, artinya sobat harus usaha untuk cari di beberapa tempat ya. Kakmin rekomendasikan di artikel ini juga. Jangan berharap dapat kalo cuma duduk manis di rumah ya.
  • Sopan, sopan adalah bahasa dunia juga. Jadi selalu sopan dan tunjukkan jati diri yang santun plus tetap membawa norma ketimuran bangsa kita ya.
  • Anti rasis, ini adalah musuh dunia. Jangan pernah membrikomentar yang menyinggung fisik atau ras suatu bangsa. Ingat semua sama di mata Tuhan.
  • Memanfaatkan teknologi, jangan biarkan gawai terisi game dan aplikasi yag tidak membawa Sobat pada pergaulan masyarakat global. Sisakanlah space untuk aplikasi pertemanan yang bisa membawa Sobat lebih ancar berbahasa Inggris.
  • No Baper, karena persahabatan ini terpisah jarak, please jagan baper. You know what I mean lah ya.

Rekomendasi tempat cari Sobat bule versi Les Inggris Gratis


Sobat Bule

Dari rekomendasi yang Kakmin bagi ini paket lengkap ya. Ada yang bisa bikin Sobat lancar komunikasi lisan dan tertulis, walau pada akhirnya keduanya bisa dicapai sih. Loh kok bisa?


Bisa dong, tergantung dari keingingan Sobat, mau ngobrolnya via chat pake teknologi, apa pake nulis (iya tulisan tangan), atau malah pake voice note dan virtual meet up? Semua ada plus minusnya ya, Kakmin bahas deh.


1. Postcrossing

Postcrossing adalah sebuah kegiatan bertukar kartu pos dengan orang-orang di seluruh dunia. Jadi, nanti Sobat tinggal masuk ke website lalu daftar dan Sobat akan dapat alamat orang-orang dari negara random yang dipilihkan sistem yang bisa sobat kirimi kartu pos.


Ada kode di tiap kartu pos yang harus ditulis. Orang yang terima kartu pos Sobat akan memasukkan kode di website. Ini tanda sobat sudah benar-benar mengirim dan kartu pos sudah diterima. Ini juga berarti Sobat sudah eligible alias sudah layak mendapatkan kartu pos yang akan Sobat terima di rumah. Keren kan?


Keuntungan:

  • Cocok buat yang baru belajar bahasa Inggris. Kartu pos space nulisnya dikit, ga perlu nulis banyak udah bisa dapat balasan kartu pos.
  • Cocok buat yang sabar karena nunggu kartu pos datang butuh waktu
  • Nunggu kartu pos datang kek nunggu surat cinta, bikin deg-deg ser.
  • Selalu ada surprise karena kita ngga akan pernah tahu kartu pos dari negara mana yang akan kita terima.
  • Bisa koleksi kartu pos. Kakmin sendiri mungkin sudah punya lebih dari 200 kartu pos.
  • Sobat bisa berinteraksi dengan orang-orang yangs sudah menerima kartu pos kita. Bisa minta untuk berteman dan saling kirim kartu pos terus.
  • Bisa gabung di komunitas postcrosser, yaitu orang-orang yang suka postcrossing.
Kerugian:
  • Biaya yang ngga sedikit. Karena ngirim kartu pos jadi ya butuh uag buat beli perangko dan kartu pos.
  • Kartu pos makin langka. Bertahun-tahun yang lalu Kakmin hunting kartu pos di toko suvenir macam Mirota di Jl. Sulawesi Surabaya. Ada juga di toko Gramedia. Tapi makin lama makin langka, jadi Kakmin beli online atau bikin sendiri dengan cetak di digital printing. Cari yang gramasi kertasnya paling tebal yaaa.
  • Biaya perangko yang ngga seragam. Dari pengalaman, kantor pos kita kurang terbuka dan fair dalam menetapkan harga perangko ke sebuah negara tujuan. Coba browse keputusan kominfo tentang tarif prangko. Kalo perlu print dan tunjukkan ke petugas pos jika mereka mendebat nominal perangkonya kurang.
  • Butuh tenaga ke kantor pos. Tapi sebenarnya, kalo bukan kita warga Indonesia, siapa lagi yang bikin kantor pos laris?
  • Kartu pos hilang. Namanya juga barang tipis selembar ukuran ngga sampai A4, sangat mungkin kartu pos kita hilang. Tidak sampai ke negara tujuan atau sebaliknya, kita tidak terima kartu posnya. Untuk hal ini jangan bersedih, legowo saja. Kadang juga bsia dapat jackpot, Kakmin pernah dapat kartu pos yang ditempel uang koin dari negara (maaf Kakmin lupa). Koinnya tetep nempel, selamat sampai di rumah Kakmin. Sebaliknya pas Kakmin kirim dengan cara serupa, koin tidak diterima teman Kakmin. Kartu pos ada, koin hilang. Tapi memang seharusnya koin tidak dikirim dengan kartu pos sih hehe.

2. Penpalworld

Cara dapetin sobat bule lainnya adalah lewat situs Penpalword. Sesuai namanya, situs ini fokus pada cara dapetin sahabat pena. Jangan khawatir, yag ini ngga harus kirim surat  dalam amplop berperangko, banyak juga yang mau berteman dan bertukar kabar lewat email.

Caranya gampang banget. Sobat tinggal daftar, isi profil, lalu mulai berkirim kabar. Selanjutnya bisa saling tukar e-mail atau bahkan alamat rumah ya, untuk yang mau dapet surat tulisan tangan.

Keuntungan
  • Murah, bisa pake e-mail.
  • Mudah, situs sederhana dan instruksi sangat mudah diikuti.
  • Ada foto dan profil member plus kita bisa filter mau member usia berapa, gender apa, dari dan dari negara mana.
  • Nulis tanpa batas. Cocok buat level menengah sampai advanced. Bisa ngobrol panjang lebar (kao sudah saling kirim via email ya)
  • Member banyak sekali dari seluruh dunia dan ada keterangan status member aktif kapan.

Kelemahan
  • Banyak scammer, wajib waspada.
  • Banyak orang dengan niatan ga jelas, jadi hati-hati jika pasang foto profil ya.
  • Sobat perlu waspada juga dengan sifat orang dari aneka latar belakang SARA di sini. Sangat mudah kita jadi sasaran SARA, karenanya selalu waspada dan jika ada yang member yang aneh segera laporkan, termasuk yang nyerempet ke pornografi.

3. Tandem

Ini adalah aplikasi cari teman paling keren yang Kakmin tahu. Tujuan dari Tandem memang sebagai media belajar bahasa asing lewat aplikasi dengan bercakap atau lewat chat teks ke member lain.

Install aplikasi ini ke gadget Sobat ya. Setelah terinstal tentu saja segera daftar. Cara daftarnya gampang, seperti daftar ke situs pertemanan lain. Bedanya di aplikasi ini ada masa tunggu sebelum kita bisa diangkut masuk ke dalam dunia virtual pertemanan a la Tandem. Masa tunggu ini sekitar 7 hari. Sistem akan melakukan screening layak tidaknya kita masuk ke sana. Kakmin rasa ini juga untuk menghindari scammer masuk sih.

Keuntungan 
  • Bisa menentukan target bahasa yang ingin dikuasai. SIstem akan memilihkan member lain dengan passion bahasa yang sama.
  • Bisa chat live
  • Ada fitur koreksi, jadi kalimat kita bisa dikoreksi dengan penanda, makin jelas dan tahu mana kata atau kalimat yang salah.
  • Bisa meninggalkan voice note speerti di WhatsApp
  • Bisa melakukan voice dan video call

Kelemahan
  • Kurang lebih sama seperti di Penpalworld ya. Jadi harus hati-hati dan selalu waspada plus tetap sopan.


Tips Dapet Sobat Bule yang Banyak dan Pas

Nah kalo sudah tahu tempat cari sobat bule di mana, lalu gimana tips menemukan teman yang pas dan banyak ya? Yuk cekidot.


  1. Baca dan pelajari profil dari member lain. Terkadang mereka sudah mencantumkan dengan jelas siapa yang ingin mereka ajak berteman. Jika sekiranya SObat tidak masuk kriteria mereka ya jangan baper ya. Cari member lain.

  2. Pakai filter gender. Jika Sobat kurang nyaman berkomunikasi dengan lawan jenis, gunakan filter untuk memilih teman berdasarkan gender yang sesuai.

  3. Gunakan kata sapaan yang hangat leih dari sekadar “hi, how are you?” 

  4. Jaga percakapan terus berjalan tanpa Sobat maksain untuk segera dibalas chatnya. Apalagi pakai huruf BESAR semua. Big no ya.

  5. Berkomunikasi dengan tulus, jujur dan jangan baperan. Bahasa chat terutama termasuk ragam bahasa tertulis yang bisa punya banyak makna hanya karena salah tanda baca dan sejenisnya. Jadi sambil mengaplikasikan ilmu terus belajar ya.  

  6. Cari nickname yang keren.

  7. Nickname macam bossygirl, lazyboy, who_are_yu atau yang dibacanya udah bikin sebel gini wajib dijauhi ya. Nickname menunjukkan siapa kita, jadi pilih yang baik dan eye catching ya

  8. Bikin profil diri yang menarik. 

  9. Cantumkan informasi tentang siapa Sobat dan tambahkan bagian catchy seperti mungkin quote favorit, joke, atau deskripsi diri yang dibawakan dengan bahasa santai dan humoris.

  10. Jangan lupa untuk selalu jadi diri sendiri dan ga perlu pura-pura keren karena sobat bul ekita ribuan mil jauhnya, dia juga bisa jadi palsu loh hehe.

  11. Jangan rasis. Posisikan jika kita juga dipandang aneh hanya karena ras atau latar belakang kesukuan kita. Jadi selalu sopan dan jaga perilaku walau di dunia online ya?


Nah, Kakmin sudah bocorkan cara cari sobat bule dan tipsnya buat belajar bahasa Inggris. Nah sekarang Sobat pilih untuk tetap gitu-gitu aja pertemanannya atau mau lebih maju lewat berteman dengan warga global nih? Ayo segera praktikkan yuk, ceritakan juga pengalamanmu gimana ya.


16 comments

  1. Menarik banget kakmin penjelasannya, aku sendiri belum pernah nyoba cari temen bule, makanya kemampuan bahasa inggrisnya gini2 aja wkwk. Dulu pernah punya temen bule, pas masih awal2 main facebook. Karena udah lama gak main fb, jadi sekarang udah lupa...

    Makasih kakmin, aku jadi pengen nyoba. Yang cara pertama kayaknya asik juga, tapi belum pernah ngirim postcard, jadi belum tahu caranya. Bisa sekalian cari pengalaman ngirim pos kali ya...

    ReplyDelete
  2. Ngomongin Bahasa inggris jadi inget dulu waktu belajarnya sampai akhirnya jadi ngajar Bahasa Inggris. Kebetulan dulu ada guru Bahasa Inggris yang ngabdi di Sukabumi, jadi waktu MGMP suka senang banget bisa ketemu trus ngobrol sama dia.
    Kalau tips lain agar dapat sobat bule, saya sendiri suka hunting di tempat wisata. Waktu di Prambanan, lumayan banyak tuh bule, tapi memang harus sopan banget dan minta izin pula sama guide-nya agar bisa berkomunikasi

    ReplyDelete
  3. Wah aku juga coba dari apps lain kaya Halotalk atau hello. Tapi sebel kalo ujungnya suka "melenceng" huh...

    ReplyDelete
  4. Sejak resign kerja jadi jarang nulis dan ngomong english. Memang butuh support system sih biar ilmunya nggak nguap gitu aja. Kelamaan nggak pake juga jd nggak pede takut salah-salah. practice makes perfect padahal. jadi tertarik pingin punya support system belajar english lagi :)

    ReplyDelete
  5. Kalau aku kemarin sempat nyari sobat bule via app discord mbak. Forumnya lumayan oke juga sih buat belajar bahasa Inggris. Asal ya tepat aja nyari forumnya.

    ReplyDelete
  6. Mempunyai sahabat bule memqng menyenangkan, dulu jqman masih pakai Skype aku banyak sobat Bule. Sekarang udah jarang pakai lagi, dah babay deh.

    Mungkin aku mau nyari lagi deh shobat bule dari tips diatas pake Tandem haha.. Semoga masih bisa was wes wos.

    ReplyDelete
  7. Menarik nih! Pengen coba tapi khawatir sama yang aneh-aneh. Anyway, makasih Kakmin infonya!

    ReplyDelete
  8. Bahasa inggris itu penting banget

    ReplyDelete
  9. Bahasa inggris menjadi kebutuhan berbahasa di masa sekarang, informasi menarik

    ReplyDelete
  10. Wah, boleh dicoba nih, tipsnya kakak. Soalnya saya tahunya zaman mirc, hahahaha. Jadul banget. Abis itu sempat bekerja yang rekan kerjanya bule sebentar. Cuma abis resign dari situ ya udah jarang digunakan lagi, kayaknya memang perlu nih, ngobrol dengan bahasa Inggris lagi.

    ReplyDelete
  11. ooo jadi istilah bule itu asal mulanya dari boulevard ya.

    Banyak juga ya aplikasi buat bisa kenalan dan bersahabat dengan orang bule. Bisa dicoba nih, cari sahabat pena dari luar negeri

    ReplyDelete
  12. seru pasti ya punya sobat bule, kita jadi bisa bertukar pikiran dan juga pengalaman, jadi termotivasi juga biar bisa berbahasa Inggris ataupun bahasa Internasional lainnya :)

    ReplyDelete
  13. post crossing kayaknya seru banget sih. dulu pernah sempat post crossing 1 kali, tapi gak bertahan lama. haha. karena yaaa, lanjut di IG haha. :)

    ReplyDelete
  14. Thank you for recommending this ways, Sis Silvana. Btw, ngomongin bule, negro juga bule kan ya,, kapan tahun sebelum pandemi kampus tempat saya bekerja meng-hire bule negro dari Amrik buat memperlancar bahasa Inggris dosen n mahasiswa. Tp sayangnya sejak pandemi sampai skrg dia blm balik lg. Lumayan terbantu ngobrol ama dia,,

    ReplyDelete
  15. Wah kalau punya sobat bule ngomong inggrisnya udah pasti lancar ya. Bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  16. Wah menarik juga sih. Cocok buat yang lagi belajar English. Btw saya sendiri pengen belajar di OME TV sih karena bisa ngobrol langsung dengan orang luar

    ReplyDelete

 

Ad Placement